Rabu, 04 September 2013

Cacat Pada Kayu

Bagi visitors yang lagi nyari tentang cacat pada kayu ane kasih info sedikit nih tentang berita tersebut..

Silahkan membacanya:

Kayu

Berikut contohnya:

1. Pada gambar berikut ini, cacat ataupun kerusakan yang terjadi pada kayu merupakan kerusakan non biologis, yaitu kerusakan yang merupakan akibat dari faktor mekanis yaitu akibat pemakuan terhadap kayu yang akhirnya membuat kayu terbelah-belah. Kayu juga akhirnya menjadi retak yaitu terpisahnya serat kayu yang merupakan celah dengan lebar melebihi 1 mm.



2.  Pada gambar dibawah penyebab kerusakan pada kayu yaitu sbb :
Air masuk berat adalah salah satu warna yang diakibatkan oleh air masuk dengan penampakan pada permukaan kayu berwarna coklat sampai kehitam-hitaman.,  Alur hitam (Alh) adalah alur yang berwarna hitam pada permukaan kayu yang disebabkan oleh endapan yang berwarna gelap pada pori kayu,  kayu juga menjadi busuk atau lapuk, yaitu rapuh karena serangan bakteri (busuk) atau serangan jamur (lapuk) dan keadaan kayu yang ditandai dengan buram/ tidak bercahayanya warna kayu, penyebab hal ini karena bakteri, jamur, suhu udara, cahaya matahari, dan juga pengaruh reaksi kimia. Analisis lain penyebab cacat kayu yakni karena watermark, cacat ini berupa garis-garis seperti aliran air pada permukaan kayu. berwarna gelap, biru tua dan sangat jelas terlihat pada kayu gubal. Garis-garis tersebut sulit dihilangkan dan sangat jelas terlihat pada permukaan perabot yang difinishing warna natural. Ini disebabkan karena log atau kayu gergajian tersimpan pada permukaan tanah yang lembab dan tergenang air.



3. Pada gambar dibawah kerusakan ataupun cacat pada kayu diakibatkan oleh hal-hal sbb :
Retak/pecah, cacat yang diakibatkan karena penyusutan kayu yang terlalu cepat. Sering terjadi pada ujung papan atau log. Ada lagi karena Serangga Perusak Kayu, Serangga-serangga perusak kayu antara lain rayap, kumbang kayu, dan bubuk kayu yang membuat gumpil kayu. Hal ini juga karena kayu kekurangan minyak. Sudah barang tentu kekuatan kayu akan berkurang, karena serangga-serangga tersebut merusak kayu dengan membuat lubang-lubang terowongan di dalam kayu. Sebagai makanan dan tempat tinggal serangga perusak kayu.



4. Pada gambar dibawah, kerusakan atau cacat kayu dikarenakan adanya mata pada kayu. Bagaimanapun, mata kayu pada sebagian jenis kayu bukanlah suatu hal yang baik terutama mata kayu mati. Terbentuk karena adanya pertumbuhan cabang pohon. Semakin besar cabang pohon akan semakin besar diameter mata kayu pada batang utama kayu tersebut. Hal ini membuat pengerjaan kayu yang seharusnya mudah menjadi lebih susah.



5. Penyebab cacat kayu pada gambar berikut yakni karena faktor alam selama proses pertumbuhan kayu. Pada masa pertumbuhan kayu menjadi bengkok membuat kayu tidak lurus dan melengkung




6. Pada gambar dibawah cacat dan kerusakan kayu diakibatkan serat kayu yakni :Gembol, Penyimpangan arah serat kayu seperti sekitar mata kayu. Penyimpangan arah serat kayu yang umumnya terjadi dekat mata kayu tetapi tidak mengandung mata kayu. Hal ini dikarenakan kelainan pertumbuhan pohon, Penyebab lain 
keadaan tidak rata pada permukaan kayu karena struktur kayu tidak baik, pembuatan venir yang tidak baik. permukaan kayu yang kasar bisa juga diakibatkan oleh penggerjajian pada kayu yang berserat tidak teratur.



Sekian dan terima kasih....

0 komentar:

Posting Komentar

Best Blogger Templates